Sabtu, 08 November 2008

komunitas drag bike

"R A J A   J A L A N A N"   D I S U K A I   C E W E K 


Tampang sangar, kaki-kaki kekar tapi pilihan warna cewek banget. Begitu karakter yang dipadukan Eko Wibowo dalam modif Yamaha RX-King pajangan toko variasinya. “Lumayan. Sebagian ide dari Delvi, pacar gue,” cocor bos Kemenangan Motor, Jl. Syeh Quro, No. 53, Karawang. Pantas.

Ya, konsep sangar dari Eko dan pilihan warna feminin dari Delvi. Dasar lagi dimabuk cinta, meski beda konsep ketemu juga. Bahkan berani ikutan Modification Contezt garapan Em Plus di Tasikmalaya. Dua kelas dijabani. Sport airbrush dan kinclong.


Pantas belum naik podium. Serba tanggung lantaran ide dari dua kepala. Meski begitu, perlu dihargai upaya Eko dalam mengganti kaki-kaki. Sok depan terbalik alias upside-down diambil dari Aprilia RS125. Lengkap berikut segitiga atas-bawah. Agar masuk dalam komstir RX-King, Eko mesti kerja bareng dengan tukang bubut.

Masih di area kaki depan. Cakram lebar variasi dipasang. Tentu mesti pasang adaptor kaliper biar pas. Namun, sepertinya masih belum tepat tuh. Kampas rem tidak sepenuhnya menjepit cakram. Wajib diseting ulang. Selain tidak pakem, juga kampas rem botak sebelah.


Menunjang tampang sangar, sok depan diturunkan sedikit. Sekitar 5 cm. Juga dipasangi batok lampu bermata monster. Galak namun sporty, sebab dikelir warna serat karbon. Produk beginian mulai ngetop. Penyuplainya toko variasi Gajah Motor di Kebon Jeruk III, Jakarta Kota.

Cara pasangnya lumayan gampang. Cukup bermodalkan dua cable tie. Langsung diikat pada tabung sok depan. Diikuti pasang kabel kelistrikan, mesti diatur ulang. Sesuaikan saja kabel positif dan negatif mengikuti kelistrikan RX-King. Kan gampang.





DARI KOMIK JEPANG 
Tercapai sudah konsep Eko diterap. Tinggal mengikuti kemauan Delvi. Namun, harus mau kerja sama dengan Subarkah ST. Doski airbrusher from Dunia Warna Art dari Jl. By Pass Baru, No. 9, Karawang.

Dari diskusi akhirnya didapat kesepakatan. Eko yang menyodorkan tokoh kartun Rujouni Kenshin. Aslinya memang dari kartun Jepang. Katanya sih kesukaan Eko dan Delvi yang lagi dimabuk cinta! Hey-hey kapan nikah?

Aslinya warna kartun cokelat dan hitam. Atas pemikiran Delvi, diganti jadi lembayung. Merah keunguan, katanya sih warna kesukaan Delvi yang memang manis itu. Nah, kalau penasaran wajah Delvi, silakan saja datang ke toko variasi Kemenangan Motor, Karawang. Pasti ketemu doi.

Motif realis airbrusher lulusan Teknik Sipil itu bisa dilihat di tangki. Juga rangka diberi motif gradasi putih. Berikut blok mesin disiram lembayung yang memang tidak disukai kaum hawa itu. Tapi boleh juga, wajah sangar RX-King diredam.


Cilong Seperti Delvi 
Selain memadukan unsur keindahan dan kegagahan tadi. Makin siip, aroma cilongisasi dengan memainkan krom di beberapa bagian. Jadi tambah harmonis saja. Di antaranya swing-arm, tutup girboks kanan-kiri, teromol depan-belakang, knalpot dan footstep.

Sekarang, kinclongan mana, RX-King atau Delvi?

DATA MODIFIKASI 
Pelek depan 
: TK 1,60x17 
Pelek belakang
: TK 1,85x18 
Ban depan 
: IRC 60/90x17 
Ban Belakang 
: IRC 80/90x18 
Kepala silinder
: Yamaha YZ125 lama 
Tutup tangki
: Kawasaki Ninja 
Lampu belakang : Yamaha RX-Z Malaysia


Yamaha RX-King 2003 (Karawang) 
Jambret Tabrak Bunglon


Motor ini sebelumnya pernah mejeng di Em Plus. Namanya juga pemilik bengkel, gampang aja Eko Wibowo bikin beda tampilan maskot toko variasinya. “Sekarang fokus di kaki-kaki dipadu gaya dan warna baru,” buka jejaka yang akrab disapa Eko ini. 

Bikin gagah tampilan jambret, pro-arm bawaan NSR150 SP dicangkok di kaki belakang. Punggawa Kemenangan di Motor Jl. Syeh Quri No. 53, Karawang ini terpaksa bikin dudukan pro-arm dikombinasikan dengan monosok Showa. “Depan up-side down udah lama digantinya,” imbuh bujang kelahiran 24 tahun lalu ini.


Kesan rapi dan minimalis akibat semua cover bodi dilepas. “Bersih. Semua bagian mesin dan pro-arm bisa dilihat,” bangganya. Tampak gahar, kedok lampu depan bertampang Alien. Virus Posh ikut nempel di beberapa bagian kuda.

Kelar urusan rombak bodi, Tomi Gunawan, Airbrusher asal Jakarcha diorder khusus bikin tampang motor lansiran 2003 ini tambah kece. “Pas Kontes Karawang harus jadi,” pesan Eko. Alhasil, torehan motif grafis jadi karya Tomi.


Dahsyat Bro, mulai dari sepatbor depan tangki, cover mesin kiri kanan, silinder head sampai sepatbor belakang dihiasi warna chameleon colour. Atau yang biasa dikenal dengan warna bunglon.

Menyesuaikan dengan warna dominan kuning, pelek Enkei palang dicat hitam solid. Kaki-kaki tampak makin gambot dengan ban depan Batllax 80/90-17 di belakang nongkrong Duro 110/90-17.


Dapur pacu dibiarkannya perfoma standar. Cuma kepala silinder diganti milik YZ125 dulu. Sedang knalpot diganti racing. “Untuk jalan-jalan aja, bukannya untuk balapan,” tutupnya. Salam untuk Delvi ya! C-PI


Tidak ada komentar: